Spesifikasi Toyota Fortuner Baru

Sahabat-otomotif.com - Untuk segmen premium SUV, Toyota punya satu yang cukup laris di pasaran dalam negeri yakni Fortuner. Mengawali tahun 2022 ini, Toyota Astra Motor merilis pembaruan Fortuner yang pada model anyar ini diklaim punya mesin yang lebih gahar.

Sejak generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2016, selain berubah total, Toyota memperkuat DNA Fortuner yang tangguh dan dapat diandalkan dengan menghadirkan mesin diesel yang bertenaga dan responsif berkode 2GD 2.393 cc VNT Intercooler. Mesin diesel ini melengkapi mesin bensin bertenaga 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang sudah ada sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.

Meski telah dibekali dengan pilihan dua mesin yang bertenaga, Toyota mengatakan kalau masih ada pelanggan yang mengharapkan bahwa Fortuner dapat diberikan kepercayaan untuk menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar.

Menjawab hal tersebut, maka diperkenalkanlah New Fortuner pada awal 2022 ini yang punya pembaruan pada sektor performa khususnya di area dapur pacunya.

“Sejak awal, Fortuner kami kembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh dan dapat diandalkan. Dibekali dengan DNA ini, Fortuner dapat mendukung segala bentuk aktivitas pelanggan di berbagai kondisi jalanan di Indonesia yang beragam,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy melalui jumpa pers daring pada Kamis (13/1).

Anton melanjutkan, seiring waktu, pihaknya terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga. Mulai dari mesin bensin 2TR, lalu mesin diesel 2KD yang diteruskan dengan 2GD, hingga kini kami hadirkan pilihan mesin diesel baru yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar.

“Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan lebih lengkap dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek performa dari Fortuner,” lanjut Anton.

Dengan dibekali pilihan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler, di atas kertas mesin ini disebut bisa menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Sebagai pembanding, mesin 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler pada model sebelumnya hanya bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya.

Dengan output tenaga yang lebih besar 36 persen serta torsi lebih tinggi sekitar 25 persen, mesin 1GD disebut bisa mencatatkan waktu akselerasi 0 – 100 km/h yang lebih cepat yaitu 11,9 detik, sementara mesin 2GD 14 detik.

Begitu juga pada saat berakselerasi pada kecepatan 60 – 80 km/h, mesin 1GD mencatatkan waktu lebih capat yaitu hanya 2,8 detik, sementara mesin 2GD 3,7 detik.

Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4) yang memakai mesin diesel 1GD dan dilengkapi dengan fitur Easy 4×4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC).

Dengan hadirnya tipe flagship dan mesin baru ini, kini New Fortuner memiliki delapan (8) tipe yaitu 2.8 4×4 GR Sport A/T, 2.8 4×2 GR Sport A/T, 2.8 4×2 VRZ A/T, 2.7 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 VRZ A/T, 2.4 4×2 G A/T, 2.4 4×2 G M/T.

“Selain menghadirkan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga, kami juga perluas varian GR Sport pada New Fortuner ke tipe 4×4 untuk melengkapi performanya yang kini menjadi terdepan di kelasnya,” tandas Anton.(skt/jpc)
LihatTutupKomentar
.