TIPS Rahasia Supaya Aki Motor Awet Hingga 8 Tahun


Rahasia Supaya Aki Motor Awet .

Hal yang di tunggu ini ya teman-teman, kali ini admin Dokter Mekanik telah mengupdeat artikel yang berjudul Rahasia Supaya Aki Motor Awet. Mau tau pembahasan lebih lanjut mengenai Rahasia supaya Aki motor awet? Nah simak ulasan kali ini dengan teliti supaya aki motor teman-teman menjadi awet.
 
Siapa sih yang tidak mau kalau aki motornya terjaga biar tidak cepat ganti, biar tidak terlalu  boros. Nah kaya admin aja nih tidak mau kalau uangnya cepet boros buat ganti ini ganti itu, nah gimana sih caranya agar aki motor kita awet? Simak penjelasan admin berikut ini. AKI adalah komponen yang ada pada sepedah motor atau pada mobil yang penting karena dengan aki tersebut mesin lain bisa berfungsi dengan baik..

Aki sangat berperan di sepedah motor anda berfungsi untuk menghidupkan kelistrikan. Pada sepedah  motor anda,selain itu aki bisa menghidupkan sepedah motor anda dengan dinamo stater untuk menghidupkan motor dengan mudah tanpa di engkol...
 
 
 
AKI MOTOR


 
Tipe aki ada dua tipe ,,aki basah atau aki kering ..Dan merk aki pun sekarang banyak dijual diluar sana..
 
Sebenarnya mau aki kering atau aki basah sebenarnya sama saja fungsinya ,tetapi sering kali kita sering mengalami aki motor kita suka ngedrop aki lemah ..nah gmana caranya supaya aki motor kita awet ,disini saya mau ngasih tips supaya aki motor anda bisa awet sampai 6 thn....

 

TIPS PERAWATAN AKI..

 
1.    Kalau pagi-pagi saat motor anda mau di Panasin jangan dilakukan pake tombol stater / dinaomo stater,usahakan pake engkol .....kenapa pake engkol?...karena pada kondisi pagi-pagi aki belum ada pengisian ,kalau kita sering mengunakan stater di pagi-pagi itu dapat merusak sel-sel aki .
 
2.    .Kalau motor anda berhenti selama 5 jam di         usahakan pake engkol juga..
 
3.    Usahakan jangan pake Assoris yang memakan arus dari aki motor anda....contohnya ( lampu HID, pasang lampu2 yang wattnya tinggi.) 
 
4.    Namun, aki basah rupanya memiliki keunggulannya sendiri. Meski harus lebih sering diperhatikan  dibandingkan aki kering, namun bila perawatannya benar maka aki basah dapat memiliki usia lebih panjang.
 
5.    Cara merawat aki basah pun sebenarnta tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan ketekunan untuk melakukannya secara rutin. Salah satunya adalah dengan menjaga kondisi air aki agar tetap terisi agar aki bekerja secara optimal.


DAN BISA JUGA DIPERTAHIKAN INI

1. Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lebih kepada cara penggunaan motor Anda sendiri. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor, terutama yang menggunakan energi listrik. Contohnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang dianjurkan.

Hal-hal sederhana ini justru akan membuat aki menjadi cepat soak dan berumur pendek.

2. Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Anda Susah Untuk Dinyalakan

Sebaliknya, gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya. Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayanya sebenarnya dirancang selain untuk mempermudah proses menyalakan motor, juga digunakan pada keadaan darurat seperti motor mati mendadak di jalan raya.

3. Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Pada bagian dalam aki terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan dasar kalsium timbal (PbCa). Dengan bantuan kiprok (sejenis Diode Bridge) yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan energi listrik menuju komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang terdapat di dalam aki akan menjadi mati (kering). Maka untuk mencegahnya, Anda harus menyalakan (memanaskan) motor Anda minimal 15 menit setiap harinya.

Perlu diingat, selalu gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

4. Pada Saat Hendak Mematikan Motor, Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp & Lampu Sign Dalam Kondisi Mati

Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.

Dengan penggunaan komponen kelistrikan motor secara bersama-sama pada saat motor dinyalakan hanya akan mengganggu kestabilan tegangan listrik pada motor Anda.

5. Selalu periksa Ketinggian Cairan Yang Terdapat Di Dalam Aki

Usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas.

Meskipun cairan yang berada di dalam aki berupa asam sulfat (H2SO4), namun selalu gunakan H2O (air suling) untuk proses pengisian ulang aki untuk menjaga derajat keasaman (pH) cairan dalam aki.

6. Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Bila perlu, kencangkan baut pada bagian sambungan terminal dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki.

Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan Anda, terutama sifat cairan asam sulfat (H2SO4) yang dapat mengikis logam (korosi) dan mudah terbakar. Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki.

Apabila pada saat diperiksa ternyata sudah terdapat kerak putih, segera basuh dengan air panas dan gunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Bila perlu, Anda dapat juga menggunakan bantuan cairan WD40 untuk mengatasi kerak yang susah dibersihkan secara manual.

7. Periksa Kondisi Kiprok Yang Mengalirkan Arus Listrik Menuju Aki

Komponen ini bertugas sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.

8. Periksa Apabila Ada Kebocoran Pada Bagian Badan Aki

Jika memang terjadi kebocoran, segera tukarkan aki lama Anda dengan aki baru yang dijual di bengkel-bengkel resmi Honda di sekitar Anda. Selain mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena aki mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak.

“Pastikan satu bulan sekali air aki ditambahkan. Hanya ditambah saja, bukan dikuras. Kenapa harus setiap bulan? Karena aki basah itu penguapannya tinggi, sehingga setiap bulan harus ditambah air,” ungkapnya.
 
Bila air aki terlalu kering, maka akibatnya aki akan segera rusak. Namun, kerusakan tersebut biasanya baru terasa beberapa minggu setelah air aki habis.

Nah kalau motor anda sering di engkol maka aki pun akan awet selamanya .     

Dan hal yang paling efektif untuk keseluruhan bagian motor adalah dengan men servise motor teman-teman secara rutin atau berkala yang gunanya supaya motor menjadi tetap aman dan nyaman saat di gunakan dan supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Bagaimana teman-teman sudah paham bukan tentang pembahasan kali ini, nah supaya bisa bermanfaat lagi dan menjadi informasi yang baik alangkah baiknya kita bagikan artikel ini supaya bisa meminimalisir teman atau kerabat kita saat berkendara. Terima kasih.


LihatTutupKomentar
.